Jenis Kayu Untuk Furniture – Meubel

09 May 2019 - Kategori Blog

Jenis Kayu Untuk Furniture – Meubel

Bahan baku kayu solid memang banyak diminati karena merupakan bahan yang paling kuat untuk nemapung beban dan ketahanannya lama jika kita badingkan dengan kayu olahan. Selain secara itu tampilan kayu solid lebih indah, kayu solid juga bisa di bongkar pasang berkali-kali sehingga tidak sedikit produk furniture yang diekspor ke luar negeri.

Lalu, jenis kayu solid apakah yang paling di minati untuk kebutuhan furniture ? Nah, ini adalah jenis jenis kayu untuk furniture .

  1. Kayu Jati
    Hasil gambar untuk kayu jati
    Kayu Jati bisa kami bilang merupakan kayu premium yang berasal dari hutan tropis di Asia tenggara sehingga banyak digunakan oleh penggiat hobi kayu atau pnegrajin kayu baik untuk produk interior – dalam ruangan ataupun eksterior – luar ruangan.Karakter Kayu Jati
    1. Karakter kayu jati memiliki lapisan minyak pada galih kayunya yang tahan air, yang membuat kayu jati tampak selalu bersinar dan tahan dalam rentang waktu yang lama
    2. Berwarna coklat kemerahan, bila terkena sinar matahari berubah menjadi coklat mudah
    3. Anti bakteri, tidak mudah lapuk
    4. Perawatannya mudah
    5. Serat kayu jati tebal, sehingga memudahkan pengerjaan furniture
    6. Tahan terhadap benturan
  2. Kayu Mahoni
    Gambar terkait
    Kayu mahoni dalam wujud utuh atau gelondongan harganya lebih murah jika dibandingin kayu jati. Akan menjadi kebalikannya ketika sudah diolah menjadi furniture, produk furniture harga kayu mahoni lebih mahal dibanding kayu jatiKarakter Kayu Mahoni
    1. Serat dan pori-pori halus
    2. Warna merah kecoklatan
  3. Kayu Nyatoh
    Hasil gambar untuk kayu nyatoh
    Kayu Nyatoh juga merupakan salah satu kayu yang paling banyak diminati pengrajin kayu untuk produk furniture atau mebel pada umumnya. Kayu ini banyak terdapat atau tumbuh di propinsi Riau di pulau Sumatera.

    Karakter Kayu Nyatoh

    1. Serat lurus
    2. Licin
    3. Tekstur halus seperti kayu jati
    4. Warna merah kecoklatan
    5. Awet, tahan terhadap serangan rayap

     

  4. Kayu Pinus
    Hasil gambar untuk kayu pinus
    Kayu Pinus sangat diminati untuk dijadikan bahan baku produk furniture atau mebel karena selain kayu pinus sangat mudah didapatkan – persediaan banyak, harga kayu pinus pun menurut kami juga sangat sangat terjangkau.

    Karakter Kayu Pinus

    1. Warna cerah
    2. Serat halus
    3. Mudah terserang jamur
    4. Lunak
  5. Kayu Sungkai

    Kayu Sungkai banyak dilirik sebagai alternatif kayu jati yang harganya premium. Jika Anda mengunjungi beberapa gerai kuliner semarang, rata-rata desain nya dibuat dari kayu sungkai. Karena selain memiliki warna yang lebih terang, kayu sungkai juga cocok untuk furniture atau mebel yang berada di dalam ruangan – interior.

  6. Kayu Cedar

    Kayu Cedar banyak dikenal dengan nama Aras yang berasal dari kawasan Mediterania atau Himalaya. Kayu ini memiliki ciri khas daun yang sangat runcing dan hijau sepanjang tahun. Di pasar, kayu cedar banyak dipakai sebagai bahan baku untuk produk lemari pakaian dan sepatu.

    Karakter Kayu Cedar

    1. Tahan cuaca dingin dan hujan
    2. Kelembabannya cukup baik untuk furniture
    3. Tidak mudah membusuk
    4. Memilik aroma yang segar
    5. Tahan terhadap rayap dan serangga
    6. Memiliki kandungan resin untuk menyerap kelembaban dan bau
  7. Kayu Ramin
    Hasil gambar untuk kayu ramin
    Kayu Ramin banyak terdapat di pulau Sumatera dan Kalimantan. Banyak digunakan tidak hanya untuk produk-produk furniture tetapi juga moulding, bingkai, veneer dan tentunya masih banyak lagi.

    Karakter Kayu Ramin

    1. Warna kekuningan
    2. Teksturnya cenderung halus dan rata
    3. Mudah dipakai dalam proses pengerjaan furniture

Sumber :https://crona.co.id

, ,

 
Chat via Whatsapp